Jumat, 30 Maret 2018

4 Hal ini sangat Penting Saat Magang

Magang / PKL ( Praktek Kerja Lapangan ) adalah salah satu bentuk emplementasi secara sistematis dan sinkron antara program pendidikan di sekolah dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung didunia kerja untuk mencapai tingkat keahlian tertentu.
http://www.betabisnis.com


Tujuan PKL

1. Tujuan Umum 

a. Menghasilkan tenaga kerja yang memiliki keahlian-keahlian profesional, yaitu tenaga kerja memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan dan etos kerja yang sesuai dengan tuntunan lapangan kerja.

b. Mempeprkokoh link and match sesuai kecocokan antara program sekolah dengan tuntutan dunia kerja.

c. Meningkatkan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan tenaga kerja.

2. Tujuan Khusus

a. Melatih siswa untuk belajar bekerja secara mandiri , bekerja dalam suatu tim dan   mengembangkan potensi serta kreatifitas sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

b. Meningkatkan Skil kepribadian para siswa sehinga mereka mampu berinteraksi, berkomunikasi dan memiliki rasa tannggung jawab serta disiplin yang tinggi.

c. Memberikan kesempatan bagi para siswa yang berpotensi untuk menjadi tenaga kerja terampil dan produktif berdasarkan pengakuan standar proffesi lapangan kerja.

d. Bila siswa sudah menyelesaikan sekolahnya akan mempermudah menjadi sebagai tennaga kerja pada perusahaan.


Ada 4 hal penting yang harus kita terapkan ketika kita PKL/ magang.
  1. Disiplin 
Magang yang merupakan melatih diri agar dapat menjadi pekerja yang baik, harus menanamkan sifat disiplin dalam bekerja seperti :
  • Tertib mengikuti instruksi
  • Mengerjakan tugas tepat waktu
  • Tidak melakukan kegiatan diluar jadwal yang sudah ditentukan
  • Ikut menjaga suasana tempat kerja menjadi kondusif
Jika kamu tidak menerapkan sifat disiplin dalam bekerja, maka akan mendapatkan resiko yang buruk bagi karir.
contoh nya : Bos tidak percaya lagi untuk memberikan pekerjaan untuk kita, dan bahkan di pecat dari perusahaan/Kantor.
2. Kejujuran

Dalam melakukan magang, juga harus bekerja secara jujur.
  • Menyampaikan sesuatu berdasarkan keadaan sebenarnya.
  • Tidak menutupi kesalahan yang terjadi
  • Tidak mencontek ata melihat data pekerja orang lain.
  • Mencantumkan sumber belajar dari yang dikutip/dipelajari
 Dalam magang, kejujuran juga sangat penting, jika kamu tidak jujur kepada pembimbing,bos dan teman yang berada di tempat magang, maka akan berpengaruh terhadap nilai dan kepribadian akan dinilai buruk oleh pembimbing magang.
3. Tanggung Jawab
Saat magang, kita diberikan pekerjaan yang harus diselesaikan dengan tuntas.
  • Pelaksanaan tugas piket secara teratur
  • Peran serta aktif dalam pekerjaan
  • Mmmengajukan usul pemecahan masalah
  • Mengerjakan tugas sesuai yang ditugaskan
Jika kamu diberikan pekerjaan, maka kerjakan lah dengan tuntas. Dan jika kamu tidak dapat bertanggung jawab terhadap pekerjaan kamu, maka pembimbing magang tidak mempercayakan kamu untuk melakukan pekerjaan baru, dan yang harus nya kamu bisa mendapatkan pelajaran baru dari pekerjaan itu, karena kamu tidak tanggung jawab, maka kamu tidak akan mendapatkan pelajaran baru dari pekerjaan itu.

4. Sopan Santun
Dalam magang, sopan santun juga sangat penting diterapkan, disitulah kita harus menghargai orang-orang yang berada disekitar kita.
  • Berinteraksi dengan teman secara ramah
  • Berkomunikasi dengan bahasa yan tidak menyinggung perasaan
  • Menggunakan bahasa tubuh yang bersahabat
  • Berlaku sopan


4 Hal tersebut sangat penting saat magang, jika kamu menerapkan 4 hal tersebut, dan perusahaan dimana tempat kamu magang jika suka dengan kinerja kamu dalam magang, bisa saja kamu diminta oleh perusahaan untuk bekerja disana setelah tamat SMK, dan pelajaran-pelajaran yang kita dapatkan dari magang, bisa menunjang kita untuk menjadi pekerja yang pantas di minta oleh perusahaan atau pun kita yang membuka perusahaan sendiri.



Saya, Raja Dela Pradha Aksari, siswa SMKN 2 Pekanbaru, magang di Beta Bisnis.
Disana saya banyak mendapatkan pelajaran yang belum pernah saya dapatkan di sekolah. Di beta bisnis, diajarkan bagaimana cara menjadi pengusaha Bisnis Online.

Jika kita tidak ingin menjadi pegawai , kita bisa berusaha untuk menjadi Pemimpin Perusahaan dengan ilmu bisnis yang sudah dikuasai.

Siswa Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak juga bisa magang di Beta Bisnis, walaupun Beta Bisnis lebih dominan ke Ilmu Online Marketing, tetapi juga ada sangkut-pautnya dengan RPL, yaitu dalam bisnis online kita menggunakan media website dalam melakukan SEO, desain website, mengontrol Website dan juga Membuat Website. 





Saya berterimakasih kepada Bapak Erianto Simalango selaku pemimpin perusahaan dan juga pembimbing magang saya, yang sudah memberikan banyak ilmu kepada saya dan teman-teman, bukan hanya ilmu tentang bisnis online tetapi juga ilmu kehidupan.

Kebanyakan anak magang menyebut jika Pemimpin perusahaan itu adalah bos mereka, Beda dengan saya yang menganggap bapak Erianto itu bukan Bos, tetapi Leader.

Leader dan Bos itu berbeda.

Bos = Orang yang hanya memberikan perintah kepada anggota nya tanpa ikut bekerja keras untuk mencapai suatu tujuan yang sukses.

Leader/Pemimpin = Orang yang memotivasi, berpartisipasi aktif dalam lingkungan pekerjaannya dalam mencapai suatu tujuan bersama dengana anggotanya.

Baca juga " Pengalaman Magang di Beta Bisnis "



1 komentar:

  1. Hai kak...
    Apakah jadi anak magang itu sulit? Terus gimana cara berinteraksi sama atasan yang baik dan benar?

    BalasHapus

Tahapan Memulai Bisnis Online Pemula

Bisnis Online Marketing adalah Bisnis yang di lakukan menggunakan internet sebagai media promosi dan interaksi antara pembisnis dan konsumen...