Jumat, 16 Maret 2018

Pengalaman Magang SMK jurusan RPL di Betabisnis Pekanbaru





Nama                           : Raja Dela Pradha Aksari

NIS                               : 25205

Kelas                           : XI. Rekayasa Perangkat Lunak ( RPL )



1




Awalnya saya searching "Tempat Magang SMK Jurusan RPL (Rekayasa Perangkat Lunak) di Pekanbaru" , lalu muncul 1 website yang menginfokan bahwa menerima anak magang jurusan RPL di Pekanbaru, nama perusahaan yang menerima anak magang itu Beta Bisnis.



Cuma ada 1 website yang muncul tentang penerimaan anak magang jurusan RPL di Pekanbaru, selainnya yang muncul adalah website tentang penerimaan anak magang diluar daerah Pekanbaru.



Setelah itu,saya hanya membaca sekilas tentang artikel yang di posting betabisnis tentang perusahaan nya, dan syarat-syarat jika ingin magang disana. saya pun mencari info tempat magang yang lainnya dari kakak kelas, teman-teman yang sudah magang. dan juga saya berencana magang di Bandara tapi tidak diizinkan orangtua. 

Akhirnya saya nyerah untuk cari tempat magang dan saya meminta kepada pembimbing magang sekolah untuk di letakkan dimana pun, guru saya merekomendasikan magang di ST*IK Ha*tuah, lalu saya menyetujui nya dan dibuatkan surat permohonan magang ke ST*IK Han*tuah, keesokan harinya saya sudah bisa mengambil surat permohonan magang. Sebelum mengantarkan surat permohonan magang ke ST*IK, saya mencari tau apa saja yang dikerjakan anak magang di ST*IK Han*tuah kepada kakak kelas yang sebelum nya sudah magang disana. 

Kakak kelas bilang “ disana Cuma di suruh ngeprint, trus duduk-duduk aja” tujuan saya magang untuk mendapatkan ilmu yang belum bisa saya dapatkan dari pelajaran di sekolah, kalau Cuma disuruh ngeprint, saya sekarang juga udah bisa ngeprint. dan pasti terasa sia-sia kalau magang Cuma disuruh ngeprint dan duduk-duduk selama 3 bulan.



Saya membatalkan untuk magang di ST*IK Han*tuah, dan karena  tempat magang rekomendasi sekolah selain yang di ST*IK sudah penuh. Dan saya ingat jika saya pernah membaca artikel yang menerima anak magang jurusan RPL/TKJ/Multimedia di Pekanbaru, dan melihat lagi website tersebut, di website itu ada postingan video anak magang yang sedang  melakukan pekerjaan di beta bisnis, saya melihat didalam video itu ada kakak kelas saya jurusan rpl yang sudah melakukan magang di beta bisnis. 

Saya mencari kakak kelas itu nama nya kak jihan, saya dan kedua teman saya yang ingin magang di tempat yang sama menanyakan apa saja yang dilakukan anak magang jika magang di Beta Bisnis kepada kak jihan. 

Kak jihan menjelaskan apa saja yang dilakukan nya selama magang disana, beta bisnis lebih dominan ke bisnis, hubungan nya dengan jurusan rpl  karena strategi bisnis online marketing menggunakan website/blog untuk mengoptimalkan bisnis online marketing. Jadi saya memilih magang di Beta Bisnis, dan menghubungi nomor yang tertera di halaman website tersebut. 





Saya menanyakan apakah di beta bisnis masih menerima anak magang jurusan rpl?

lalu bapak itu menjawab “masih” lalu saya bilang kalau saya siswa SMKN 2 Pekanbaru jurusan RPL ingin magang di Beta Bisnis.



Setelah itu saya meminta kepada pembimbing magang sekolah saya untuk dibuatkan surat permohonan magang ke Beta Bisnis, dan setelah beberapa hari, surat itu selesai dan saya dengan kedua teman saya yang ingin magang di Beta Bisnis mengantarkan surat permohonan magang ke Beta Bisnis di jalan Bukit Pasir, Kulim . Dan surat permohonan magang kami pun di terima oleh Pak Erianto Simalango sebagai pemimpin perusahaan sekaligus Pembimbing kami di tempat magang setelah kami menyetujui persyaratan jika magang Beta Bisnis.



Yang ingin saya ketahui/pelajari selama magang itu adalah Cara membuat program aplikasi, cara membuat website, cara mendesain website, cara menempelkan link pada website dan cara menjadi hacker.




Saat saya magang di Beta Bisnis ada pelajaran baru yang belum pernah saya dapatkan selama saya belajar di sekolah :

  • Mengetahui bagaimana cara membuat website/blog secara cepat.
  •  Mengetahui cara mengidex Website/Blog ( melihat apakah webiste/blog sudah muncul di mesin pencari atau belum)
  • Mengetahui urutan website/blog di mesin pencari
  • Mendapatkan ilmu tentang strategi bisnis online marketing ( SEO )
  •  Memotivasi saya untuk menjadi pengusaha Bisnis online marketing
  • Menjadi orang yang rajin menulis/merangkai kata-kata dan memikirkan ide kreatif agar dapat menulis artikel/video yang menarik
  •  Mengetahui cara mendesain tampilan website/blog dengan beberapa tag html
  • Mengetahui cara mendesain gambar / brosur di Canva.com
  • Mengetahui cara mengupload video di youtube
  • Mengetahui cara agar dapat menampilkan website muncul di urutan pertama mesin pencari.
  • Mengetahui jika ada banyak situs yang menyediakan pembuatan  blog, selain Blogger.com
  • Mengetahui apa itu Ping Service, RSS Feed, Backlink, Add URL Submissions.
  • Mengetahui apa saja yang harus dilakukan sebagai admin sebuah Blog/website
  • Mengetahui tentang Blogwalking ( meninggalkan link blog/website di kolom komentar dibanyak blog)
  • Mengetahui tentang domain dan hosting
  •  Mengetahui bagaimana cara membeli domain dan hosting
  •  Mengetahui tentang situs Wordpress yang menyediakan layanan  pembuatan Website
  • Mengetahui cara membuat iklan baris sebagai media promosi produk/jasa 
  • Mengetahui Cara membuat artikel yang menarik 
  • Mengetahui Cara meriset Kata Kunci yang merupakan salah satu strategi dalam Bisnis Online Marketing
Banyak pelajaran yang sudah saya dapatkan selama magang di Beta Bisnis, tetapi masih ada beberapa hal yang belum saya dapatkan selama magang di Beta Bisnis:
  • cara membuat program aplikasi
  • cara kerja data base
  • cara menggunakan plugins
  • cara mengoptimasikan sosial media Instagram



Untuk teman-teman / adik kelas yang ingin magang di Beta Bisnis :



Rajin-rajin menulis artikel dan memikirkan banyak ide agar orang tertariik dengan postingan yang kita buat , pekerjaan yang dilakukan di tempat magang Beta Bisnis ini mudah tapi membosankan. Dan walaupun bosan, jangan berhenti melakukannya, nikmati ajaa, agar mendapatkan hasil yang memuaskan dan maksimal.


1 komentar:

  1. Terimakasih kak saya jdi tercerahkan, soalnya sebentar lagi saya ada prakerin. Semoga aja aku bisa melaluinya walaupun di kondisi pandemi seperti ini :D

    BalasHapus

Tahapan Memulai Bisnis Online Pemula

Bisnis Online Marketing adalah Bisnis yang di lakukan menggunakan internet sebagai media promosi dan interaksi antara pembisnis dan konsumen...